Anda Perlu Referensi Informasi Bermanfaat - http://wartabengawan.com - redaksi@intermediasolo.net - 087736223737

Rutin Gelarkan Merti Desa Meriahkan Warga Ampel

| January 14, 2017 | 0 Comments

Merti Desa Ampel

BOYOLALI – Merti Desa merupakan tradisi turun temurun sejak dulu dan di zaman sekarang ini masih tetap dilestarikan. Kelurahan Gladagsari selalu mengelar kegiatan atau tradisi Merti Desa untuk nguri-uri budaya Jawa setiap tahunnya. Merti Desa ini disebut juga oleh masyarakat sebagai Kirab Budaya Gladagsari. “Merti Desa ini sudah kerap digelar setiap tahunnya dengan meriah” ujar Mastuti (50).

Merti Desa atau Kirab Buadaya ini selain untuk nguri-uri budaya jawa tujuan lainnya adalah untuk mewujudkan rasa syukur warga atas hasil panen yang selalu memuaskan dan kerukunan yang dibina oleh warga masyarakat selama ini. Ada banyak cara untuk mengucapkan rasa syukur atas keberkahan kepada sang Maha Kuasa. Tetapi warga masyarakat Gladagsari ini mengadakan acara karnaval yang diikuti oleh beberapa dukuh sekitar Kelurahan Gladagsari. Setiap dukuhnya menampilkan karya yang berbeda beda.

Dalam tradisi Merti Desa ini sedekah Bumi menjadi ciri khas dari setiap ritual yang dilaksanakan. Seperti gunungan yang diarak menggunakan mobil pic up. Gunungan tersebut berisikan buah buahan dan hasil panen lainnya yang dibentuk seperti gunung. Di akhir acara gunungan yang berisi buah-buahan, sayuran atau makanan dan hasil panen lainnya tersebut dapat dibagikan kepada semua warga di Kelurahan Gladagsari.

Tidak hanya gunungan saja, dalam karnaval ini beberapa warga memamerkan kesenian dan kebudayaan lokal, di antaranya, reog, topeng ireng, tari tradisi, hingga parade kostum. Musik yang ramai juga selalu mengiringi jalannya kegiatan. Dalam karnaval ini diikuti oleh banyak kalangan masyarakat, dari anak – anak, pemuda pemudi, orang tua, hingga lansia ikut serta dalam acara ini.

Merti Desa atau Kirab Budaya dapat menjadi salah satu ajang Silaturahmi, Kerukunan, Gotong Royong, Kebersamaan, Keakraban, dan Harmonis dari setiap warga yang menjadi keluarga besar Kelurahan Gladagsari. Berbagai pekerjaan yang menjadi kesibukan mereka hingga berjumpa dengan tetangga sangat minim. ” Dengan acara yang digelar yaitu Merti Desa atau Kirab Budaya ini semua warga dapat berkumpul dan bersama-sama” ujar Suyatno(45) salah seorang warga Gladagsari. #zulaikhahrita

Tags: , , , , , , , ,

Category: Wisata dan Kuliner

About the Author ()

Register Domain, Hosting Murah, Reseller Hosting, Pembuatan Web, Pembuatan Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @InterMedia 2014