Anda Perlu Referensi Informasi Bermanfaat - http://wartabengawan.com - redaksi@intermediasolo.net - 087736223737

Domain

Apakah domain itu?

Apa itu domain?
Pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang paling sering muncul bagi teman-teman kita yang hendak membuat website, atau tertarik untuk mempelajari website. Menurut Wikipedia, Nama Domain berarti:

“Nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.”

Pengertian Add-On Domain

Pengertian Add-on Domain adalah nama domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah nama domain utama. Misalnya kita mempunyai sebuah nama domain yaitu masbambang.com, kita bisa Add-on namadomainbaru.com dan diarahkan untuk menampilkan apa saja yang hanya ada di folder masbambang.com/namadomainbaru/.

Ketika http://namadomainbaru.com diakses dari internet, pengunjung tidak akan merasakan adanya perbedaan,namadomainbaru.com akan tampil layaknya seperti nama domain biasa bagi pengunjung. Apa yang ditampilkan sebenarnya berada di masbambang.com/namadomainbaru/index.html. Add-On Domain pun dengan sendirinya akan menjadi subdomain dari domain utama tersebut, yaitu namadomainbaru.masbambang.com.

subdomain maupun add-on domain tidak terpisah dari nama domain utama, sehingga saling berbagi (share) dengan domain utama dalam segala hal, termasuk diskspace, bandwith & cPanel. kita tidak akan mendapatkan cPanel untuk setiap add-on domain yang ditambahkan, semua diatur dalam satu cPanel main account (contoh: dalam cPanel intermediasolo.net). Pembuatan FTP account & Email Account untuk namadomainbaru.com dapat dilakukan di cPanel intermediasolo.net.

Kesimpulannya: Sub Domain dan Add-on Domain tidak mendapat cpanel tersendiri, tapi secara fungsi & fitur, sama saja dengan nama domain / account biasa.

Add-on Domain bisa diakses dengan 3 cara, dan untuk contoh di atas yaitu:
1. http://namadomainbaru.com/ (Langsung)
2. http://namadomainbaru.masbambang.com (Sub Domain)
3. http://masbambang.com/namadomainbaru/ (Directory)

Dan umumnya cara 2 dan 3 secara otomatis menjadi domain redirect ke alamat utama.
Nama domain ini lebih dikenal dan mudah difahami sebagai alamat suatu website, misalnya alamat website kami adalah intermediasolo.net

Ekstensi dot Com adalah salah dari ekstensi TLD (Top Level Domain) internasional, sedangkan ekstensi yang lainnya seperti .net .org .us .info .name dan sebagainya.

Sedangkan Ekstensi dot co dot id (.co.id) itu adalah salah satu contoh Top Level Domain dari sebuah negara, tepatnya .id ini adalah Indonesia.

Apakah subdomain itu?

Subdomain adalah bagian dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website. Misalnya, untuk area utama website kami, digunakan www.intermediasolo.net dan untuk area blog digunakan subdomain toko.intermediasolo.net. Dalam contoh tersebut, “www” dan “blog” adalah nama subdomain. Letaknya di depan nama domain atau ada pada level ke-3 dari top level dot ekstensi.

Pengertian Domain Parking
Pengertian Parked Domain adalah nama domain lain yang tidak aktif yang diarahkan (domain redirect) ke nama domain utama untuk mendapatkan trafik jumlah pengunjung yang sama pada satu situs atau blog yang sama. Misal nama domain hostingterbaik.com ingin kita parkir di domain utama kita yaitu masbambang.com, maka hostingterbaik.com akan menampilkan apa yang ada di masbambangcom dengan alamat URL yang tetap yaitu http://hostingterbaik.com. Hal ini yang membedakannya dengan Domain Redirect, di mana nama domain akan berubah ke nama domain tujuan. Dan kita tetap harus membayar kontrak masing-masing nama domain tersebut.

Copyright @InterMedia 2014